SELAMAT DATANG DI BLOG ANAK BUGIS RANTAU TARO ADA TARO GAU

Rabu, 10 November 2010

BUGIS IDENTIK

DENGAN KEBERANIAN
KARENA keberanian yang dimiliki orang Sulawasi Selatan terutama suku Bugis, karakter ini terkenal hingga ke Eropa. Pangeran Prancis Loise Daeng sendiri mengakui bahwasanya dirinya keturunan Bugis.
"Kapal Prancis bersandar di Thailand menemukan dan membawa dua pemuda Bugis yang gagah berani,"kata Profesor Dr. H. Nasrudin Umar.penasehat DPP Kerukunan Sulawesi Selatan (KKSS) yang juga Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama RI ini.
Konon dua orang pemuda bangsa Bugis ini berhasil mengalahkan 2 kampung di Thailand Selatan sehingga membentuk komunitas orang Bugis.
Dalam dua pulau pihak kerajaan Prancis ketika itu langsung membawa 2 pemuda tersebut yang telah mengalahkan 2 kampung di Thailand dengan terkagum-kagum soal keberanian mereka.
"Lantas mereka berdua disekolahkan sekolah perang angkatan laut dan dibaptis . Mereka berdua diangkat menjadi pemimpin divisi perang ketika itu,"katanya. Setiap perang yang mereka pimpin selalu membawa kemenangan.
Kemudian mereka berdua dikawinkan dengan anak raja. "Lahirlah pangeran Loise Daeng yang memang keturunan dari orang Bugis,"kata Nasrudin.
Menurut ahli Prancis bahasa Makassar, Prof. Daris Lombach, hal ini digambarkan struktur silsilah kerajaan Prancis yang memang keturunan Bugis yang terdapat di Museum Prancis.
"Ini menggambarkan bagaimana orang Bugis memilikikeberanian dalam menaklukkan lawan-lawannya. Bahkan PM Malaysia sendiri mengaku dirinya keturunan Bugis Makasar,"ucapnya.
Tak heran karena pernah menduduki negara Thailand, nama orang Thailand juga banyak menggunakan kata Daeng. Bukan hanya Thailand ataupun Prancis yang memiliki sedikit etnis Bugis. Negara Singapura juga memiliki nama kampung yakni Kampung Bugis.
Berdasarkan sejarah bangsa Bugis cukup dibanggakan. Namun saat ini generasi muda orang Makassar sedikit terusik dengan mudahnya terprovokasi akan sesuatu. Seperti mahasiswa di Makassar mudah sekali mengalami bentrokan. "Seperti isu kenaikan BBM lalu tutup jalan.
Ataupun bentrok dengan mahasiswa lain kampus karena permasalahan kecil,"kata Nasrudin.
Untuk itu ia berharap sekali generasi muda janganlah bertindak yang tidak sewajarnya. Karena bila dilihat dari segi karakter yang patriotik,bangsa Bugis Makasar memiliki jiwa kebangsaan yang tinggi.
"Generasi muda orang Bugis ataupun Makassar hendaklah lebih arif dalam bertindak. Karena bangsa kita yang majemuk ini adalah anugerah yang tak dimiliki oleh bangsa lain. Oleh sebab itu bila kita berdampingan satu sama lain dengan tenang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SEMOGA PADA MADECENG