SELAMAT DATANG DI BLOG ANAK BUGIS RANTAU TARO ADA TARO GAU

Kamis, 30 Desember 2010

Pakar dari Malaysia Bangga Terhadap Bangsa Bugis

Tidak dapat dipungkiri, bahwa peranan diaspora Bugis dalam sejarah politik di Kesultanan Johor Malaysia memiliki makna yang sangat strtegis. Terbukti sejak abad ke-17, bangsa Bugis sudah memainkan peran politik dalam Kesultanan Johor-Riau dan semenanjung Tanah Melayu bahkan hingga dalam negara Malaysia modern ini pun sudah dua orang perdana menteri yang berasal dari keturunan bangsa Bugis.
Demikian diungkapkan Dosen Pascasarjana Universitas Sain Malaysian (USM) Prof. Dr. Mohd Isa Othman di Auditoium Unismuh Makassar saat Seminar Internasional, Senin (29/3).
Menurutnya, Bangsa Bugis merupakan bangsa pejuang terbaik. Katanya, dalam proses perjuangannya, bangsa Bugis selalu berada posisi yang terdepan karena memiliki keberanian dan prinsipyang fundamental (ingat Prinsip Bugis, Red) yang luar biasa.
Keberanian dimaksud adalah keberanian dengan diploma dan kecerdikan, keberanian menghadapi lawan dengan keris atau badik bila diganggu dan keberanian dengan biologis dengan mengawini anak raja atau sultan sehingga menjadi bahagian dalam proses pemerintahaan tersebut.
Dalam acara seminar itu Dosen Pascasarjana USM, Dr Haji Ishak Saat, diungkap lewat dalam makalahnya berjudul Warisan Kebangsanaan Melayu Islam, menuturkan, Melayu dan Islam merupakan dua kekuatan yang tidak bisa dipisahkan karena kedua hal tersebut memiliki pertalian yang sangat erat dalam mencapai persatuan dan kesatuan.
Menurutnya, sepanjang sejarah penjajahan barat terdapat banyak tokoh Melayu-Islam muncul dalam menegakkan dakwah dan meningkatkan kegiatan keagamaan, sehingga dalam politik Melayu di Malaysia diwarnai dengan politik Islam yang memiliki akar keberagaman politik Islam-Melayu.
Pakar dari USM lainnya, Mohd Azhar Bin Bahari, mengatakan gerakan Islam di Malaysia sangat konsisten dengan issu keumatan dan sangat peduli dengan gerakan Islam dunia yang merupakan kekuatan bersama dalam peningkatan Islam sedunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SEMOGA PADA MADECENG